Cara Export Data dari Database ke Excel Tanpa Plugin PHP

Posted on
Cara Export Data dari Database ke Excel Tanpa Plugin PHP

 

Halo sahabat programmer, jumpa lagi dengan lambecode. Pembahasan kali ini tentang cara membuat export data dari database MySQL ke excel tanpa plugin dengan menggunakan PHP dan Bootstrap 4. Ketika seorang programmer mengerjakan sebuah project baik itu sistem informasi maupun website, kebanyakan dari mereka membutuhkan sebuah atau beberapa report/laporan. Laporan tersebut biasanya berupa dokumen yang berformat doc, xls, dan pdf. Yang akan kita bahasa di sini adalah cara membuat export data dari database MySQL ke excel tanpa plugin dengan menggunakan PHP dan Bootstrap 4. Proses export data dari database MySQL ke excel di sini dilakukan secara manual tanpa menggunakan plugin apapun. Oleh karena itu prosesnya sangat mudah. Namun, selain mudah ada beberapa sisi negatif ketika mengerjakan report dengan cara seperti ini. Berikut ini beberapa kelemahan yang akan dihadapi pengguna ketika menggunakan cara manual ini :
  • Output(hasil export) tidak support terhadap beberapa versi office. Sehingga  ketika dibuka menyebabkan beberapa tampilan tidak seperti pada umumnya.
  • Output tersebut berupa .html yang diberi extensi .xls sehingga menyebabkan masalah pada beberapa versi office.
  • Programmer tidak dapat melakukan perubahan secara custom pada file xls tersebut karena hanya dapat menuliskan struktur file secara default.
Namun jika anda ingin menggunakan plugin agar output yang dihasilkan sesuai dengan keinginan, maka anda dapat membuka artikel ini  Cara Membuat Export Data dari Database MySQL ke Excel   dengan Menggunakan PHPExcel dan  Bootstrap 4 Terbaru. Berikut ini proses membuatnya :

Tahap 1 : Membuat Database dan Tabel

Untuk membuat export data, hal yang dilakukan pertama yaitu menyiapkan data yang akan diexport. Data tersebut harus di simpan ke dalam tabel yang ada di dalam database. Di sini kami menggunakan database MySQL. Anda dapat menggunakan database lain sesuai kebutuhan anda seperti oracle, atau yang lainnya. Berikut ini script untuk membuat database dan tabelnya.

Tahap 2 : Membuat Koneksi Database MySQL

Setelah membuat database dan tabel dalam MySQL, tahap selanjutnya adalah membuat koneksi dari database MySQL dan PHP. Kami menggunakan koneksi MySQLi, namun anda dapat menggunakan koneksi lainnya seperti PDO dan MySQL. Jika anda pengguna PHP 7, koneksi yang dapat digunakan hanya MySQLi dan PDO. Untuk lebih jelasnya buka artikel Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP. Berikut ini script koneksi dengan MySQLi. Buat file baru untuk menyimpan script di bawah ini, kami memberi nama dengan database.
$con = mysqli_connect(‘localhost‘,’root‘,”, ‘db_publik‘);

 

Tahap 3 : Membuat User Interface

User interface merupakan tampilan tatap muka antara aplikasi dengan pengguna. Di sini kami menggunakan tambahan bootstrap 4 agar tampilan menjadi lebih responsive. Oleh karena itu download terlebih dahulu bootstrap 4 dan jQuery. Setelah itu masukkan script di bawah ini,

 

Tahap 4 : Membuat Export Database ke Excel

Tahap terakhir yaitu membuat file untuk mengeksekusi export data dari php ke excel. Cukup sederhana sama seperti membuat tampilan select data pada umumnya hanya ditambahkan 2 header. Berikut ini file header dan script lengkap untuk export data.
 
header(“Content-type: application/vnd-ms-excel”);
header(“Content-Disposition: attachment; filename=penduduk.xls”);

Anda dapat mendownload full project di sini lengkap dengan bootstrap 4 + jQuery + databasenya 😁👌

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *