Cara Export Database ke Excel Menggunakan PHPExcel

Posted on

Cara Export Database ke Excel Menggunakan PHPExcel

Halo sahabat programmer, kembali lagi bersama lambecode. Pembahasan kali ini tentang cara membuat export data dari Database MySQL ke excel dengan menggunakan PHPExcel dan Bootstrap 4. Jika anda ingin membuat report/laporan yang dieksport ke excel menggunakan PHPExcel, anda dapat terus mengikuti tutorial ini. Namun jika anda ingin membuat report/laporan tanpa plugin, anda dapat melihat pembahasan  Cara Membuat Export Data dari Database MySQL ke Excel Tanpa Plugin dengan Menggunakan PHP dan Bootstrap 4 Terbaru.

Saran kami, jika ingin melakukan custom terhadap dokumen excel, maka ikutilah tutorial ini sampai selesai. Karena PHPExcel menyediakan function yang programmer butuhkan untuk membuat export data ke excel. Berikut ini cara membuat export data dari Database MySQL ke excel dengan menggunakan PHPExcel dan Bootstrap 4.

Tahap 1 : Membuat Database dan Tabel

Kenapa harus menyiapkan tabel dan database terlebih dahulu? Karena untuk melakukan export data yang harus dipersiapkan pertama kali adalah ketersediaan data. Dimana data tersebut harus disimpan pada tabel di dalam basis data(database). Banyak database yang dapat digunakan, diantaranya MySQL, PostgreSQL, MongoDB, MariaDB, Oracle, dll. Namun di sini database yang akan digunakan adalah MySQL. Jika anda menggunakan database lain, dapat disesuaikan nanti pada pemanggilan data dari database pada saat eksekusi export data. Jika belum jelas baca artikel Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP. Berikut ini script untuk menmbuat tabel dan database.

 

Tahap 2 : Membuat Koneksi Database MySQL

Setelah tabel dan database tersedia, buatlah koneksi antara database MySQL dengan project yang akan dibuatkan report. Ada bebrapa macam koneksi yang dapat digunakan jika menggunakan database MySQL, diantaranya seperti MySQL, MySQLi, dan PDO. Untuk lebih jelasnya baca artikel Cara Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP.Namun di sini kami menggunakan koneksi database MySQLi. Jika anda pengguna PHP 7, sebaiknya gunakan koneksi PDO atau MySQLi. Berikut ini script koneksi dengan menggunakan MySQLi.
$con = mysqli_connect(‘localhost‘,’root‘,”, ‘db_publik‘);

 

Tahap 3 : Membuat User Interface

Untuk membuat user interface/ tatap muka, kami menggunakan bootstrap 4  agar tampilan menjadi lebih responsive. Jika anda sudah memiliki user interface sendiri, lompati tahap ini dan langsung menuju tahap berikutnya. Untuk proses instalasi bootstrap 4 yang dibutuhkan adalah bootstrap 4 + jQuery. Dowload terlebih dahulu pada link tersebut. Jika sudah di download maka tuliskan script di bawah ini pada project anda.

 

Tahap 4 : Membuat Perintah Export

Tahap yang terakhir yaotu membuat perintah untuk mengeksekusi export data dari php ke excel dan tetunya menggunakan PHPExcel. Download terlebih dahulu PHPExcel. Setelah itu, extract rar dan simpan ke dalam folder project anda. Buat file baru dengan nama export.php untuk menampung script eksekusi export data. Setelah itu copy/tuliskan script eksekusi di bawah ini.

Penjelasan :

include menyertakan file lain. Seperti koneksi database. Optional, jika tidak menggunakan include maka harus menulis script koneksi langsung pada file export.php
require_once – membutuhkan file hanya sekali. Jadi jika tidak ada file terebut maka tidak apat mengakses function yang ada pada file tersebut.
new PHPExcel – membuat object baru dari PHPExcel.
getProperties – function untuk menyertakan properti dokumen excel.
PHPExcel_style_…… – memberikan css/style.
getActiveSheet – function untuk get/mengambil sheet yang sedang aktiv.
setActiveSheet – function untuk set/memberi nilai pada sheet yang sedang aktiv.

Beberapa komponen di atas merupkan komponen yang penting untuk memberikan perintah dalam membuat export data dari database MySQl ke Excel dengan PHPExcel. Jika anda ingin keterangan yang lebih lengkap, baca langsung dari penjelasan ini PHPExcelDocumentation.Download Source Code Project Lengkap

2 thoughts on “Cara Export Database ke Excel Menggunakan PHPExcel

    1. bisa, ane kasi gambaran gan
      $excel->createSheet(0);
      $sheet1 = $excel->getSheet(0)->setTitle(‘default sheet’);
      $excel->createSheet(1);
      $sheet2 = $excel->getSheet(1)->setTitle(‘new sheet’);

      secara default ketika hanya menggunakan 1 sheet tidak perlu memanggil fungsi createSheet(), karena sheet akan dibuat secara otomatis. Tetapi untuk 2 atau multi sheet gunakan fungsi createSheet().

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *