Cara Membuat Custom Widget GPR Kominfo Secara Manual

Posted on

Cara Membuat Custom GPR Kominfo Secara Manual

 

Halo sahabat programmer, jumpa lagi dengan lambecode. Pembahasan kita kali ini adalah cara membuat custom GPR kominfo secara manual. GPR(Goverment Public Relations) merupakan susunan program prioritas dari pemerintah untuk memastikan masyarakat mengetahui apa yang dilakukan pemerintah dan berpartisipasi dalam pembangunan. Implementasi GPR dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Widget GPR dapat dimodifikasi sesuai keinginan developper website. Cara memodifikasi widget GPR kominfo dapat dilakukan dengan melakukan kustomisasi pada css. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorial ini sampai selesai.

Tentang GPR

Basis kerja Government Public Relations adalah pengelolaan informasi dan komunikasi yang berkelanjutan untuk memperoleh pemahaman dan dukungan publik terhadap Program dan Kebijakan Pemerintah. Berikut ini adalah Program Kerja pemerintah:

  1. Pemerintah sebagai penentu agenda (agenda setting) isu-isu di masyarakat untuk membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah sebagai sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya.
  2. Membentuk lembaga jejaring komunikasi .
  3. Menyusun dan memantau implementasi regulasi tentang GPR oleh K/L/D .
  4. Menyediakan dan menyebarkan konten informasi publik ke seluruh Indonesia.

(Sumber : www.kominfo.go.id/content/detail/6857/lingkup-program-government-public-relations/0/pp_gpr)

Menurutnya pelaksanaan GPR ini untuk memperoleh pemahaman dan kepercayaan publik terhadap kredibilitas pemerintah. Misalkan, konsen masyarakat menjelang bulan puasa atau ramadhan ini apa. Tentunya menyangkut kebutuhan sembako, maka Menteri Perdagangan dan Menteri yang harus bicara, Begitu juga yang terkait dengan persiapan transpotasi baik angkutan darat dan udara maka Kemhub yang harus bicara, disamping itu yang menyangkut kondisi jalan dalam hal yang bicara adalah Kementerian PU.”Semuanya itu dikomunikasikan melalui GPR. Agar tidak lagi, Kementeria bicara kepada publik atau wartawan dengan pemikiran sendiri.

Pelaksanaan GPR bukan lagi hanya fungsi Kominfo tapi juga cermin daripada kementerian-kementerian dan lembaga. Dan ini kita harus revitalisasi cara komunikasi pemerintah melalui GPR. Revatalisasi bukan caranya atau sistemnya tapi organisasinya yang dmaksud orang-orangnya. Karena medianya sekarang ini bermacam-macam termasuk media sosial, karena masyarakat saat sering mendapatkan infografi dan streaming dan sebagainya.

(Sumber : https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/5087/Kemkominfo+Mulai+Aktifkan+Lagi+GPR/0/berita_satker)

GPR dapat disebut juga sebagai narasi tunggal. Pada umumnya, konten GPR diletakkan pada halaman setiap website pemerintahan sebagai widget. Sebagian website milik pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah sudah menerapkan widget GRP pada halaman websitenya. Oleh karena itu, penting bagi pengembang dan pembuat website pemerintah mengetahui cara membuat custom GPR kominfo secara manual maupun secara default.

Cara Memasang Default Widget Konten GPR

  • Copy paste javascript di bawah ini ke dalam tag body website

  • Ketika sudah memasang script di atas, panggil id dari javascript tersebut melalui tag div.

  • Pada umumnya, widget konten GPR diletakkan di sidebar halaman website.
  • Tampilan widget mengikuti struktur dari konten website
  • Yang dapat diubah dari widget tersebut secara default hanya lebar(width)

Default GPR

Cara Membuat Custom Widget Konten GPR

Secara Proses, Widget GPR Kominfo bekerja mengolah data dari beberapa RSS GPR Kominfo yang kemudian digabungkan dan diolah kembali menjadi sebuah file XML baru. Struktur dari XML baru tersebut akan berbentuk sebagai berikut :

Atau baca buku petunjuk teknis versi PDF di sini

Berikut ini tahap pembuatan custom widget konten GPR :

Tahap 1 : Mengambil Data XML

Gunakan script di bawah ini agar dapat mengambil data dari dokumen XML dengan PHP

Untuk melakukan pengecekan apakah data tersebut sudah kita dapatkan atau belum, gunakan fungsi php untuk mengeceknya dengan echo var_dump($data) atau echo json_encode($data). Hasil pengambilan data adalah seperti ini jik amenggunakan json_encode().

Tahap 2 : Membuat User Interface

Untuk urusan user interface / tampilan tatap muka, kami menggunakan bootstrap 4. Anda dapat membangun user interface sendiri sesuai selera karena pembentukan user interface tergantung selera masing – masing. Dari tahap pertama, kita sudah mendapatkan isi dari dokumen XML yang diambil secara online dari kominfo. Data tersebut disimpan dalam bentuk array, sehingga yang perlu dilakukan adalah membaca isi array ke dalam tampilan user interface yang kita inginkan. Berikut ini contoh membuat cutom widget konten gpr dengan menggunakan bootstrap 4.

Output :

Custom Widget Koneten GPR

Itu adalah tampilan widget konten GPR dengan menggunakan bootstrap4. Anda tentu masih sangat bisa mengubahnya lagi. Mulai dari font, background, menambah animasi, dan juga icon yang menarik. Sekian dari lambecode, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *