Cara Membuat User Baru dan User Privileges Database

Posted on
Cara Membuat User Baru dan User Privileges Database MySQL phpMyadmin
Halo sahabat programmer, jumpa lagi dengan lambecode. Pembahasan kita kali ini tentang cara membuat user baru dan User Privileges di database MySQL phpMyadmin. Sebelum menglola sebuah database, seorang programmer ataupun database administrator(DBA) harus membuat user dan hak aksesnya(user privileges) untuk membuat batasan antar user ketika mengakses database. Setiap database penting untuk memiliki user masing – masing. Tujuan lainnya yaitu untuk pengamanan data di masing – masing database. Karena yang berhak mengakses keseluruhan data yang ada pada MySQL hanya root. Secara default root sudah disediakan dengan password kosong. Berikut ini proses cara membuat user baru dan User Privileges di database MySQL phpMyadmin.

Cara Membuat User dan Privileges

Untuk membuat user MySQL, tuliskan script di bawah ini pada editor MySQL
CREATE USER ‘newuser‘@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘password‘;
Script di atas adalah script untuk membuat user beserta password MySQL. newuser dapat diisi nama user sesuai yang diinginkan dan password dapat diisi dengan password untuk user yang akan dibuat. Jika sudah menulis script di atas pada editor MySQL, berarti user baru sudah dibuat . Namun user tersebut belu memiliki hak akses. Sehingga user tersebut tidak dapat mengakses database ataupun tabel yang ada pada MySQL.Oleh karena itu setelah membuat user dan password, di sini juga harus membuat hak akses(user privileges) agar user yang sudah dibuat dapat mengakses database maupun tabel pada MySQL. Tulis script di bawah ini ke dalam editor MySQL.
GRANT ALL PRIVILEGES ON database. * TO ‘newuser‘@’localhost’;

 

Pada script di atas, database diisi dengan nama database yang akan diberikan akses kepada user yang telah dibuat. Sedangkan newuser diisi dengan user yang akan mengakses database tersebut. Untuk penjelasan mengenai GRANT ALL PRIVILEGES akan kita bahas di bawah ini.
Setelah selesai, terkahir lakukan flush(reload/refresh) ke dalam editor MySQL
FLUSH PRIVILEGES;

Membuat Hak Akses / User Privileges pada User yang Berbeda

Ada beberapa modifikasi yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan sistem seperti pengaturan hak akses jika penggunanya lebih dari satu. Seperti contoh, user A hanya dapat melihat / read data, user B, dapat melakukan pengelolaan penuh / CRUD hanya pada satu tabel, dan user C dapat melakukan pengelolaan pada semua database.Berikut ini beberapa perintah untuk mengatur permission / hak akses pengguna :

  • ALL PRIVILEGES – memungkinkan user mendapatkan akses penuh terhadap database ataupun table yang ada di dalam database.
  • CREATE – memungkinkan user untuk membuat tabel ataupun database.
  • DROP – memungkin user untuk menghapus tabel ataupun database.
  • DELETE – memungkinkan user untuk menghapus data / record pada tabel.
  • INSERT – memungkinkan user untuk menambah data / record pada tabel.
  • SELECT – memungkinkan user untuk membaca apa yang ada di dalam suatu database.
  • UPDATE – memungkinkan user untuk mengubah data / record pada tabel.
Script di bawah ini dapat digunakan untuk memodifikasi hak akses pengguna :
GRANT permission ON database.table * TO ‘newuser‘@’localhost’;

 

permission dapat diisi dengan tipe hak akses seperti yang sudah dijelaskan di atas. database diisi nama database, table diisi nama table yang ada di dalam database namun dapat dikosongi jika user diberikan akses untuk semua tabel. newuser diisi nama user yang akan mengakses database tersebut. Sebaliknya, jika ingin mencabut izin(revoke) dari user, dapat menggunakan script di bawah ini.
REVOKE permission ON database.table * TO ‘newuser‘@’localhost’;

Baca Juga Cara Mengubah / Reset dan Mengahpus Password MySQL phpMyAdmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *