Cara Memotong String dengan Menggunakan Function substr

Posted on

Cara Memotong String dengan Menggunakan Funtion substr

 

Halo sahabat programmer, jumpa lagi dengan lambecode. Pembahasan kita kali ini tentang cara memotong atau mengambil sebagian dari string di php. Pertanyaannya adalah, untuk apa kita memotong karakter dari string? Untuk yang ingin tahu dan belum mengerti mari kita bahas bersama.

Pengambilan karakter dari beberapa string bertujuan untuk memecah string tersebut sesuai kebutuhan sistem. Misalkan, ada string tanggal “26-08-2018”. Nah, untuk mengambil tanggal ataupun bulan dari string tanggal tersebut yang harus dilakukan adalah memotong dan mengambil karakter yang diperlukan. Contoh lain adalah string dari kombinasi kode unik pada buku perpustakaan. Misalakan “02.17.2015.07”. Dua digit pertama adalah nomer rak, dua digit berikutnya adalah kategori buku, empat digit berikutnya adalah tahun dan dua digit terakhir adalah kode untuk buku tersebut. Di sini seorang programmer ingin mengambil nomer rak dari buku tersebut maka yang harus dilakukan adalah memotong string tersbut. Setelah itu mengambil digit pertama dari kode yang ada.

Seperti itulah penjelasan tentang [entingnya memotong atau mengambil sebagian karakter dari string. PHP sudah menyediakan function untuk memotong string. Function tersebut adalah substr(). Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan terkait function substr() di bawah ini.

Definisi dan Cara Menggunakan Function substr()

Function substr() merupakan function dari PHP yang digunakan untuk memotong string atau mengambil sebagian nilai dari sebuah string. Programmer yang terbiasa dengan manipulasi string pada sistemnya, pasti membutuhkan functin ini. substr() memiliki 3 parameter di dalamnya. Dua parameter pertama harus ada, dan satu parameter terakhir opsional. Parameter pertama berisikan string yang akan dimanipulasi/dipotong. Parameter ke dua berisi posisi awal string dipotong. Jika parameter ke tiga tidak ada maka berisi panjang string dipotong. Parameter ke tiga berisi panjang karakter yang akan diambil.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan penulisan sintaks dan penjelasan dari parameter function substr().

string

Harus diisi dengan string yang akan dimanipulasi.

start

Harus diisi dengan angka yang digunakan untuk posisi awal string dipotong.

  • Angka positif/netral : String dipotong dari awal karakter (dimulai dari kiri ke kanan)
  • Angka negatif : String dipotong dari akhir karakter (dimulai dari kanan ke kiri)

length

Opsional, boleh diisi boleh tidak. Fungsinya sebagai penentu panjang dari string yang dipotong.

  • Angaka positif : Panjang karakter dihitung dari ketentuan pada parameter ke dua (start)
  • Angka negatif : Panjang karakter dihitung dari akhir karakter

Contoh penulisan dalam Kode Program

Selain memahami secara teori, jika belajar lebih baik diikuti dengan praktek langsung. Untuk lebih memahami, perhatikan 2 contoh simpel penggunaan function substr().

Mengambil Karakter String dengan Parameter start

Mengambil Karakter String dengan Parameter start dan length

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *